Cari
  • Tatas Brotosudarmo

Buah Merah asli Papua berpotensi jadi sumber pewarna sehat

Buah merah (Pandanus conoideus) adalah suatu buah endemik di daerah Papua yang berwarna merah menyala. Namun sejauh ini buah tersebut baru sebatas digunakan untuk membuat obat herbal dan jamu meskipun risetnya masih sangat minim.


Riset yang dilakukan tim dari Tatas Brotosudarmo, berupaya memetakan berbagai kandungan senyawa yang ada di dalam buah ini. Khususnya senyawa pigmen zat warna kemerahan yang bernama karotenoid, untuk menjelajahi poteinsinya sebagai bahan perwarna makanan fungsional.


Tim menemukan kandungan kapsorubin dan kapsantin - komponen karotenoid utama dalam buah merah ini. Bahkan kandungannya lebih banyak dan juga lebih terang dari cabai merah (Capsicum annuum) yang selama ini zat oleoresin paprikanya digunakan sebagai pewarna merah dalam makanan.


Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di Journal of Food Composition and Analysis bulan Maret 2021. Bagi anda yang ingin mendengarkan ulasan dalam bahasa Indonesia terkait potensi buah merah ini khususnya untuk industri, silahkan mendengarkan podcast dari The Conversation ID, pada tautan di bawah.




12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua